Evaluasi Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi ASN dan Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Kompetensi berbasis Digital (CACT – BKN)

posted in: Berita Provinsi, Berita Umum | 0

Samarinda, Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020 – 2024, Pemerintah telah menetapkan Program Prioritas Nasional yang mewajibkan seluruh Instansi Pusat dan Daerah untuk dapat mengimplementasikan Manajemen Talenta dan meningkatkan Sistem Merit dalam penyelenggaraan manajemen ASN.

Untuk mendukung program tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Prov.Kaltim telah melaksanakan pemetaan atau penilaian kompetensi terhadap ASN dilingkungan Pemprov.Kaltim.

Maka pada tanggal 29 November 2022 bertempat di Gedung UPTD Penilaian Kompetensi BKD Prov.Kaltim diadakan Evaluasi Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi ASN sekaligus Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Kompetensi berbasis Digital (CACT – BKN) oleh Bpk Wakiran Plt. Kepala Pusat Penilaian Kompetensi BKN.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Asesor SDM Aparatur Ahli Utama BKN RI ,Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama BKN RI, Asesor SDM Aparatur Ahli Madya Balikpapan (via zoom), Dinas Kominfo Prov.Kaltim (via zoom),Asesor SDM Ahli Madya , Asesor SDM Ahli Pertama Pemprov.Kaltim ,Psikolog dan Pejabat Struktural di lingkungan UPTD PKP BKD Prov.Kaltim.

UPTD PKP BKD Prov.Kaltim sebagai penyelenggara Penilaian Kompetensi ASN melalui Kasi Pengujian dan Penilaian Ibu Hariyanti menyampaikan profil UPTD PKP, tantangan dan strategi yang dilakukan.

Kasi Pengembangan Instrumen Ibu Siti Mahmudah Indah .K juga menyampaikan hasil capaian jumlah peserta penilaian kompetensi selama tahun 2020 -2022, pengembangan aplikasi dan inovasi yang dilakukan, dan peningkatan kapasitas SDM yang telah dilakukan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Kompetensi berbasis Digital (CACT – BKN) oleh Bpk Wakiran Plt. Kepala Pusat Penilaian Kompetensi BKN.

Tuntutan kompetensi di era 4.0 yang mewajibnya setiap Instansi untuk menerapkan sistem layanan berbasis digital, maka kompetensi yang akan diukur mencakup 3 (tiga) kompetensi, yakni (1) Kompetensi Manajerial dan sosio kultural, (2) Komptensi Literasi Digital dan (3) Emerging Skill/Future Skill.

Sehingga BKN telah mengembangkan Alat Ukur Penilaian Kompetensi Berbasis Digital (CACT) BKN sejak tahun 2021. Diharapkan hasil penilaia. Kompetensi dapat terintegrasi dengan Aplikasi My SAPK dan SI ASN. Dalam kesempatan ini diadakan tanya jawab oleh Asesor.

 Pesan dari Plt. Kepala Puspeskom BKN UPTD PKP BKD Prov.Kaltim dapat mempertahankan akreditasinya ,pentingnya melakukan integrasi data hasil penilaian kompetensi dan dapat meningkatkan pengembangan SDM Aparatur dan pesan tambahan dari Asesor SDM Aparatur Ahli Utama untuk dapat menambah asesor terutama jenjang Asesor Ahli Madya sesuai amanat Perka BKN No 26.

Kegiatan dilanjutkan dengan Audiensi dan Koordinasi Rencana Pemetaan Kompetensi bersama Sekretaris Daerah Prov.Kaltim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *