Penilaian Kompetensi bagi Pejabat Fungsional/Sub Koordinator pada lingkup Pertanian dalam arti luas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2022

Samarinda, Dipenghujung Tahun 2022 UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Prov.Kaltim kembali dipercaya untuk bekerjasama dengan BKPSDM Kab.Kutai Kartanegara dalam melaksanakan kegiatan Penilaian Kompetensi bagi Pejabat Fungsional/Sub Koordinator pada lingkup Pertanian dalam arti luas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bpk. Drs. H. Sunggono, MM. Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara didampingi Ibu Nerliana Isdhianti Kepala UPTD PKP BKD Prov.Kaltim dan Ibu Jane Nazaruddin AR, Asesor SDM Aparatur Ahli Madya pada hari Selasa, 13 Desember 2022.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Dalam kurun waktu 4 (empat) tahun berbagai pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan telah dilaksanakan dalam mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah, dimana salah satu misi ketiga Bupati Kutai Kartanegara adalah memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif serta program dedikasi Bupati Kutai Kartanegara “Program pembangunan pertanian berbasis Kawasan”.

Untuk mencapai kinerja dari capaian program dedikasi Bupati tersebut sudah tentu membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian serta keterkaitannya dengan sektor lain. Berkenaan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan penilaian kompetensi dengan maksud dan tujuan untuk :
1. Mengetahui potensi dan kompetensi dari aparatur penyelenggara negara di sektor pertanian dalam arti luas ;
2. Melakukan pemetaan potensi dan kompetensi terhadap seluruh JF yang ditugaskan sebagai subkoordinator pada Perangkat Daerah urusan lingkup Pertanian dalam arti luas, yang bertujuan untuk menyusun profil kompetensi ASN, sehingga dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan manajemen ASN, baik untuk bahan penyusunan kebutuhan ASN, pola karir, rotasi/mutasi, promosi, pengembangan kompetensi, dan lain sebagainya.

Sesuai Undang-Undang ASN No 5 Tahun 2014 menjelaskan tentang Sistem Merit yang berdasarkan kualifikasi,kompetensi dan kinerja.

ompetensi yang nanti akan dinilai dalam 3 hari kedepan adalah kompetensi managerial dan sosio kultural, yang diharapkan keluarannya akan dapat memberikan informasi terkait kekuatan, area pengembangan dan saran pengembangan.
Dalam penerapan manajemen talenta maka data potensi dan kompetensi akan disandingkan dengan data kinerja, kualifikasi, penerapan disiplin dan penghargaan dari masing-masing ASN. Hasilnya akan menjadi data pemetaan, dimana data pemetaan merupakan perform management
“BKPSDM Kab.Kukar telah mengupayakan pemetaan potensi dan kompetensi di Bidang Pertanian, mudahan bidang lain bisa menyusul untuk mengetahui manajemen talenta sehingga dapat diketahui kompetensi dan pengembangan kompetensinya”, ucap Bapak Sekda,“Mohon dapat diikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh”.tutup Bpk. Drs. H. Sunggono, MM. Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara sekaligus membuka Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari hingga tanggal 15 Desember 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *